Membuat sejarah musik di Kasino Manhattan • St Pete Catalyst

Membuat sejarah musik di Kasino Manhattan • St Pete Catalyst

GRAND FORKS, ND – Pemain terompet Louis (Satchmo) Armstrong mengatakan kemarin bahwa dia telah membatalkan rencana perjalanan yang disponsori pemerintah ke Rusia karena “Cara mereka memperlakukan rakyat saya di Selatan, pemerintah dapat pergi ke neraka… hampir seperti itu buruk, orang kulit berwarna tidak punya negara mana pun. "

Associated Press / Sept. 19 Tahun 1957

Louis Armstrong berada dalam satu perjalanan liar pada tahun 1957. Bisa dibilang musisi jazz paling terkenal di Amerika, dia bermain di rumah-rumah yang padat, dan di Jim Crow South – di mana penonton hampir selalu terpisah – dia mengalami ancaman kematian, dan ancaman bom, dan suatu hari di bulan Januari beberapa batang dinamit meledak di luar auditorium Knoxville saat dia berada di atas panggung dengan kombonya. Tidak ada yang terluka, dan Armstrong membuat 3.000 penonton tetap semangat dengan menyindir, "Kedengarannya seperti orang mabuk jatuh dari balkon." Dan kemudian dia memainkan lagu lain.

Tetapi seluruh situasi yang menyedihkan mengganggu dia.

Kulit putih, kelas menengah Amerika memiliki pemain terompet yang ramah dalam fokusnya karena penampilannya yang dibintangi bersama bersama Frank Sinatra, Bing Crosby dan Grace Kelly di Masyarakat kelas atas, salah satu hit box office terbesar tahun 1956. Dia menjual rekaman jutaan. Dia memainkan Carnegie Hall. Dia berkeliling dunia. Departemen Luar Negeri AS menobatkannya sebagai Duta Jazz Internasional.

Tapi Armstrong bertahan dengan memainkan apa yang disebut Sirkuit Chitlin, jaringan kelab malam Black yang terhubung secara longgar dan tempat pertunjukan kecil di Selatan. Penghibur Afrika-Amerika menemukan pekerjaan tetap di sirkuit, menarik orang-orang semalam di masa-masa sulit dan terpisah. Dia sudah lama lulus ke "liga besar".

Pada Februari 1957, beberapa minggu setelah ledakan di Tennessee, Armstrong membawa bandnya ke Manhattan Casino, aula dansa seluas 6.000 kaki persegi di South Side St. Petersburg. Manhattan adalah perhentian reguler di Sirkuit Chitlin, dan ratusan musisi tampil di sana antara pasca-Depresi tahun 30-an dan 1968, ketika ditutup untuk selamanya.

Desember 1940

Dia pernah tampil di sana dua kali pada 1940-an. Pada tahun 1957, Louis Armstrong, bisa dibilang, terlalu besar untuk tampil di Manhattan Casino, yang hampir tidak bisa menampung 500 orang. Tapi dia tetap melakukannya. Penonton kecil yang terjual habis adalah setengah Hitam dan setengah putih.

Di belakang panggung, a St. Petersburg Times reporter menanyakan pendapatnya tentang segregasi. "Saya tidak peduli dengan orang-orang itu," jawab Armstrong dengan seringai khasnya. "Aku baru saja meniup klaksonku."

Selama 25 tahun – antara 1939 dan 1964 – Kasino Manhattan adalah tempat artis kulit hitam, apakah mereka memainkan jazz, blues, swing, ritme 'n' blues, rock 'n' roll atau sesuatu di antara celah-celahnya, selalu dapat menemukan kerumunan yang simpatik. Penonton yang ramah, berterima kasih atas hiburan dan persekutuannya, di mana tidak mungkin ada seseorang yang mencoba menggunakan dinamit untuk menakut-nakuti, mengintimidasi, atau menghapus mereka dari muka bumi.

Banyak nama terhebat dalam musik – Hitam atau lainnya – "cukup tiup klaksonnya" di Manhattan: Ella Fitzgerald, Count Basie, James Brown, BB King, Ray Charles, Etta James, Otis Redding, Dinah Washington, Sam Cooke, Little Richard, Bo Diddley, Coasters, Jimmy Reed, Sister Rosetta Tharpe… itu adalah daftar yang lebih dari mengesankan (lihat di bawah).

Selama bertahun-tahun saya bermain klub malam, bekerja di Sirkuit Chitlin. Klub-klub ini sangat kecil, sangat rapat, sangat ramai dan sangat keras. Semuanya keras tapi hiburan. Satu-satunya cara untuk menjalin komunikasi adalah dengan menceritakan sebuah cerita yang akan mengarah ke lagu tersebut, yang akan menarik perhatian orang.

Lou Rawls / Los Angeles Times, 8 Januari 1967

Dibangun pada tahun 1926 oleh perintis pengembang St. Pete Elder Jordan, Manhattan dianggap sebagai pusat komunitas untuk lingkungan kulit hitam historis yang dikenal sebagai The Deuces, di mana 22nd Street South bertemu 22nd Avenue South.

Foto milik Paul Barco / St. Museum Sejarah Petersburg

Aula dansa menempati seluruh lantai dua gedung Yordania seluas 12.000 kaki persegi. Itu adalah ruang terbuka yang luas, dengan panggung tiga kaki dari tanah, lantai dansa kayu keras yang dipoles dan bangku kayu menempel di dinding seberang.

Di sini, Gibbs High School – yang tidak memiliki auditorium atau ruang pertemuan sendiri sampai pertengahan 1940-an – mengadakan pesta prom, lompatan kaus kaki, dan upacara kelulusan. Acara sosial Gereja berlangsung di sana. Ada kontes kecantikan dan "pertunjukan bayi". Teh wanita dan parade busana. Manhattan adalah tempat orang berkumpul untuk pertemuan sosial, pertemuan, pesta liburan dan perayaan… dan tarian yang dijadwalkan secara teratur.

“Dua puluh detik,” kenang Ron Gregg, 74, “seperti Broadway di New York bagi orang Afrika-Amerika di sini. Karena itu satu-satunya tempat yang bisa kami kunjungi untuk hiburan. ”

Hari Minggu disediakan untuk pertunjukan Injil. Goldie Thompson, disc jockey untuk stasiun religi di Tampa dan promotor yang ambisius dan pandai bicara, membawa kelompok penyanyi dari seluruh negeri untuk "kompetisi" yang baik hati.

Pada 1940-an dan 50-an, ketika pertunjukan gospel Thompson berada di puncaknya, grup tur termasuk, antara lain, The Dixie Hummingbirds, The Five Blind Boys of Alabama (kemudian dikenal sebagai The Happyland Singers), The Fairfield Four, The Five Blind Boys of Jackson, Miss., The Kings of Harmony, The Reliable Jubilee Singers, The Swan Silvertone Singers, The Skylarks of Nashville, The Spirit of Memphis, dan CBC Trumpeteers.

The Soul Stirrers memulai debutnya di Manhattan Casino pada tahun 1950, dan kembali setiap tahun sampai penyanyi utama Sam Cooke (kiri bawah) berangkat untuk berkarir solo sekuler.

Pada 19 Maret 1950 Soul Stirrers, dari Chicago, membuat debut Manhattan Casino mereka. Penyanyi utama grup, yang baru tahun itu, adalah Sam Cooke yang berusia 19 tahun. The Soul Stirrers membuat penampilan tahunan hingga 1956, ketika Cooke pergi untuk bersolo karir.

Pertunjukan musik populer "nasional" dimulai pada tahun 1939, dengan debut St. Pete dari Ella Fitzgerald yang berusia 22 tahun dan bandnya.

Kasino – yang, jelasnya, bukanlah tempat perjudian dan tidak menjual alkohol – sering macet. Mereka yang terlalu muda untuk masuk, atau yang tidak mampu membayar tiket masuk, duduk dan berdiri di tempat parkir di seberang jalan, mendengarkan musik yang datang melalui jendela jalusi di lantai atas. Banyak yang mendengarkan dari mobil mereka.

Sebagian besar akhir pekan, dan malam-malam lain yang menawarkan kesempatan untuk menari, promotor George Grogan menampilkan grup jazz dan swing lokal di atas panggung, termasuk A.C. Jones dan Atomic Aces, dan – di tahun 60-an – Al Williams & the Versatiles.

Grogan mengajar kimia di Gibbs High, dan mengelola lingkungan Jordan Park (dinamai untuk Penatua Jordan, yang membangun Kasino Manhattan). Dia juga memiliki koneksi di agensi bakat New York. “Kami berencana untuk menghadirkan hiburan terbaik sepanjang tahun,” kata Grogan Waktu pada tahun 1956. “Dengan mengunjungi kantor pemesanan secara pribadi pada awal Oktober, kami bisa mendapatkan tanggal sebelum tanggal terbaik diambil. Orang-orang di sini lebih suka dansa Jumat malam, dan sedapat mungkin kami akan memberi mereka tanggal bermain itu. "

Orkestra Manzy Harris (dari Tampa) dan Orkestra Buddy Johnson (dari New York) juga sering menjadi tamu. Sebelum Perang Dunia II, band rumah adalah Fess Clark and His Swingsters; George Cooper dan orkestra St. Petersburg kemudian mendapatkan penghargaan tersebut, tampil secara teratur setiap Senin malam.

House band, tanggal tidak diketahui: Dari kiri: Fess Clark, Al Williams, George Brown, Warren Rainey dan Leroy Barton. Museum Sejarah St. Petersbug, dari Koleksi Al Williams

Bergantung pada artis yang berkunjung, kelompok-kelompok ini akan mendukung headliner selama pertunjukan mereka, dan memainkan musik dansa selama istirahat.

Ray Charles

(Manzy Harris adalah sosok penting dalam kehidupan dan karier Ray Charles, yang tampil di Manhattan berkali-kali pada 1950-an.)

Karena hotel "putih" di kota menolak menyewakan kamar kepada Blacks, Grohan dan promotor lainnya mengatur agar para pemain menginap di rumah kos dekat The Deuces, atau di rumah pribadi; beberapa keluarga dengan senang hati membantu.

“Itu adalah satu-satunya tempat musisi bisa tinggal,” kata Ron Gregg, seorang drummer jazz yang mendengar semua cerita, banyak di antaranya secara langsung.

Gregg adalah seorang anak muda pada pertengahan tahun 50-an masa kejayaan Kasino Manhattan, tetapi dia memiliki kenangan yang sangat jelas tentang dirinya sendiri: "Saya akan melihat bus musisi masuk. Mereka akan datang ke kota, dan banyak dari mereka akan memilikinya. jaket menutupi lengan mereka, mengenakan kemeja putih, dan dasi kupu-kupu hitam diikatkan di kerah mereka. Berjalan mondar-mandir di jalan, berusaha mencari tempat untuk makan dan bersantai sampai mereka harus bermain malam itu. Dan saya berkata pada diri saya sendiri 'Mereka pasti musisi.' ”

26 November 1956: Little Richard (tengah) dan band di Manhattan Casino. Foto milik Minson R. Rubin / St. Museum Sejarah Petersburg

Pagi hari setelah pertunjukan, para musisi – istirahat yang cukup dan (idealnya) cukup makan – akan mengisi instrumen mereka, naik kembali ke bus, atau mobil apa pun yang mereka tuju, dan menuju perhentian berikutnya di sirkuit. – Tampa, kemungkinan besar, atau Gainesville. Atau Jacksonville.

B.B. King

Waktu – sebagaimana mestinya – menghitung jumlah di Manhattan. Konser "besar" terakhir, pada tahun 1964, dibintangi oleh B.B. King, yang telah menjadi pengundian yang konsisten di sana sejak awal tahun 50-an. Undang-Undang Hak Sipil membuat perubahan besar dalam cara orang kulit berwarna diperlakukan di Amerika Serikat, dan meskipun itu bukan transisi yang mulus (terutama di Selatan), Sirkuit Chitlin sendiri memudar dalam ingatan.

Pada tahun 1968, Kasino sudah melewati masa jayanya, karena tempat-tempat lain, sebagian besar dengan AC, menarik pelanggan yang membayar, memang, lingkungan yang menurun. Dengan sedikit kemeriahan, itu ditutup, dan tetap seperti itu selama 18 tahun. Dewan kota St. Petersburg memberinya penunjukan tengara bersejarah pada tahun 1994, dan bangunan dua lantai – total 12.000 kaki persegi – dibeli oleh Kota pada tahun 2002.

Sekarang dikenal sebagai Kasino Manhattan yang Bersejarah, aula dansa telah direnovasi secara ekstensif, dan pada tulisan ini sedang dalam transisi lagi – Kota baru-baru ini menyetujui konsep baru oleh penyewa, Callaloo Restaurant Group, untuk "ruang makan" yang diperluas dengan beberapa pilihan tempat makan, bersama dengan inkubator usaha kecil yang dioperasikan oleh Rising Tide Innovation Center.

Kasino Manhattan, dan lingkungan Deuces, adalah bagian dari Area Pengembangan Kembali Komunitas St Petersburg Selatan. Terus ada diskusi hangat, baik secara pribadi maupun di depan umum, tentang apa yang dimaksud dengan "restorasi" dan "revitalisasi".

Tapi jika tembok itu bisa bicara …

Pertunjukannya

Penampilan pertama James Brown, 1956. Dia akan kembali, sebagai bintang pertunjukan, di tahun '58.

Berikut ini adalah daftar kurasi dari para pemain tur nasional yang muncul di atas panggung di Kasino Manhattan antara tahun 1939 dan 1964. Daftar tersebut dikumpulkan dari arsip St. Petersburg Times: cerita, daftar acara dan iklan. Daftar ini sama sekali tidak lengkap; tidak termasuk konser lokal, tarian atau acara sosial lainnya, tidak termasuk banyak, banyak pertunjukan Injil yang diproduksi oleh Goldie Thompson.

catatan: Legenda lokal menyatakan bahwa Duke Ellington adalah salah satu ikon musik yang tampil di Kasino Manhattan. Meskipun didokumentasikan bahwa Ellington dan orkestra tampil di Koloseum (sangat putih) St. Petersburg dalam tiga kesempatan – pada tahun 1937 (selama ayunan Florida pertamanya), 1955 dan 1956, tidak ada catatan tentang pemberhentian di Manhattan. Situs web dukeellington.org.uk menyertakan penghitungan harian obsesif dari jadwal tur Ellington, dan tanggal Manhattan tidak muncul di mana pun dalam arsip (daftar atau iklan) dari Waktu.

Banyak musisi dari band Ellington tampil di Manhattan selama bertahun-tahun, termasuk trombonis Buster Cooper, seorang penduduk asli St. Pete. Bisa dibayangkan bahwa Ellington memang tampil, tanpa pemberitahuan, baik pada malam "off" di daerah teluk – sebelum atau setelah pertunjukan di Tampa – atau sebagai tamu, duduk bersama musisi yang dia kenal.

Legenda kota St. Pete tambahan: George Grogan mempromosikan pertunjukan Ike & Tina Turner Revue 7 Februari 1962 di Melrose Park Clubhouse di St. Petersburg. Tidak ada catatan tentang Turner yang memainkan Manhattan Casino.

Nat "King" Cole dan Sarah Vaughan bernyanyi, pada tagihan dengan pemimpin band jazz kulit putih Stan Kenton, di Fort Homer Hesterly Armory di Tampa 22 November 1953. Tidak ada catatan tentang Cole atau Vaughan yang muncul di Manhattan Casino.

Ella Fitzgerald

1939

4 Desember Ella Fitzgerald ("Pembicaraan tentang Dunia Ayunan")

1940

21 Maret Bintik Tinta

1 April Fats Waller

11 Oktober Coleman Hawkins, Al Cooper's Savoy Sultans

9 Desember: Louis Armstrong

1941

6 Feb. International Sweethearts of Rhythm (orkestra khusus perempuan)

9 April Andy Kirk dan Awan Kegembiraannya

1943

31 Januari Lil Green, Tiny Bradshaw

5 April Orkestra Barney Johnson dan Model Kulit Coklat

Wynonie Harris

1944

4 Januari Snookum Russell & Orkestranya

14 Feb Eddie Durham's All-Girl Orchestra

8 Maret Marva Louis (istri penyanyi dari petarung hadiah Joe Louis), dengan Nat Towles dan Orkestranya

5 Juni Lil Green, Delta River Boys, Luis Russell

16 Agustus Erskine Hawkins & Orkestra Persimpangan Tuxedo-nya

28 Agustus Lucky Millinder (menampilkan Judy Carroll dan Trevor Bacon), Wynonie Harris

8 November Cootie Williams, Eddie Vinson

[1945

31 Jan International Sweethearts of Rhythm (orkestra khusus perempuan)

21 Feb. Halaman Oran "Hot Lips" & Orkestranya

14 Maret Louis Jordan dan Lima Timpani Nya

29 Maret Fletcher Henderson

9 Agustus Sister Rosetta Tharpe dengan Lucky Millinder (menampilkan Judy Carroll dan Trevor Bacon), Wynonie Harris

1946

17 Januari Erskine Hawkins & Orkestra Persimpangan Tuxedo-nya

19 Maret Louis Armstrong

9 April Eddie “Cleanhead” Vinson

28 April Joe Liggins & Orkestra Honeydrippers-nya

1947

27 April Jimmie Lunceford & Orkestranya

16 November Charlie Brontley dan Orkestra Honey Dippers-nya

1948

9 Mei Kuartet Golden Gate

31 Mei: Erskine Hawkins & Orkestra Persimpangan Tuxedo-nya Menampilkan Jimmy Mitchell

6 Agustus Jimmie Lunceford Orchestra dengan Joe Thomas, Eddie Wilcox

15 September Lonnie Johnson

18 Oktober Ella Johnson dan Arthur Prysock dengan Buddy Johnson Orchestra

4 November Louis Jordan & Lima Timpani Nya

31 Des. Vi Burnside & Sweethearts of Rhythm Internasional

1949

6 Maret Sister Rosetta Tharpe dan Marie Knight (“Para penyanyi yang menyanyi di panggung, layar dan radio”)

26 Maret Roy Brown, Chubby Newsom

6 Mei Joe Liggins & Orkestra Honeydrippers-nya

17 Juni Bullmoose Jackson dan Bearcats Buffalo-nya

30 Oktober Marie Knight dengan Vivian Cooper

1950

25 Februari Marie Knight dengan Vivian Cooper

26 Februari Suster Rosetta Tharpe

19 Maret Soul Stirrers (pertama dari enam penampilan tahunan)

1951

26 Jan “Battle of the Saxaphones” (sic) dengan Bullmoose Jackson, Frank Cully

31 Agustus Bullmoose Jackson dan Bearcats Buffalo-nya

24 September Cab Calloway (band ini termasuk Cozy Cole, Chu Berry dan Dizzy Gillespie)

6 Desember Dinah Washington ("Queen of the Jook Box"), Earl Bostic

1952

25 Januari Eddie “Cleanhead” Vinson

5 Maret Orkestra Johnny Otis dengan Little Esther, Mel Walker dan Red Lyte

10 April Erskine Hawkins

11 Mei Marie Knight

23 Mei Wynonie Harris, Larry Darnell

17 Oktober Arthur Prysock, Peppermint Harris, Joan Shaw, Veretta Dillard

31 Desember Earl Bostic

Willie Mae (Big Mama) Thornton

1953

30 Januari Johnny Otis, Willie Mae (Big Mama) Thornton, Sally Blair

22 Mei Clarence Gatemouth Brown

17 April Tiny Bradshaw dan Jersey Bounce Orchestra-nya

29 April Johnny Ace, Willie Mae (Big Mama) Thornton

31 Juli B.B. King

31 Desember B.B. King

1954

25 Juni Charles Brown, Lowell Fulson

16 November Dinah Washington, Cootie Williams, The Checkers

5 November Bradshaw Kecil dan Orkestra Bounce Jersey-nya

Bo Diddley

1955

29 Januari Roy Milton

23 September Chuck Willis

12 Agustus Bo Diddley, Jimmy Witherspoon

10 Desember (dengan Walking Willie & His Swinging Bluesmen, penari tap Moore dan Moore, pemain terompet Irving Johnson, dan "tarian seksotik Vida DuSoir")

6 Mei Pee Wee Crayton

8 Juli B. B. King

11 Februari The Midnighters (dengan vokalis Hank Ballard, yang menulis "The Twist" pada 1959)

26 Agustus Charles Brown

Big Joe Turner

1956

1 Januari B.B. King

1 April Harga Lloyd

15 Juni Big Joe Turner

3 Agustus

10 Agustus Willis Jackson, Little Willie John

17 Agustus Clifton Chernier & the Playboys

5 Oktober Ray Charles

Ruth Brown

12 Oktober Gitar Slim, Lloyd Lambert

3 September Ruth Brown

2 November Ann Cole, Muddy Waters

21 November LaVern Baker

26 November Richard Kecil

30 November Flames Quintet (bersama James Brown)

7 Desember Chuck Willis

14 Desember Tengah malam

1957

5 Royales

11 Januari 5 Royales

28 Januari Louis Armstrong

7 Februari Erskine Hawkins

8 Februari Louis Jordan

15 Februari Harga Lloyd

Willie John kecil

8 Maret Willie John Kecil

Etta James

15 Maret Etta James, Huey P. Smith, Buddy Griffin

22 Maret Big Joe Turner

29 Maret Roy Brown yang Kuat

3 Mei Willie Dixon, Otis Rush

31 Mei Ann Cole, Jimmy Rogers

7 Juni Bill Doggett

5 Juli Ray Charles

12 Juli Shirley dan Lee

26 Juli Wynonie Harris, Big Maybelle

13 September Willie John Kecil

17 Okt Noble "Thin Man" Watts

4 Oktober Harga Lloyd

Joe Tex

11 Oktober Joe Tex, Marie Knight, The Ravens

8 November Ruth Brown

1958

17 Januari Drifters (kemungkinan besar pasca-Clyde McPhatter, pra-Ben E. King Drifters)

31 Januari Bill Doggett

7 Februari Erskine Hawkins

14 Maret Ray Charles

21 Maret Siluet

28 Maret Gene Allison

11 April Harga Lloyd

27 Juni Big Joe Turner

The Godfather of Soul

4 Juli James Brown & Api Terkenalnya

25 Juli Shirley dan Lee, Fats Domino

1 Agustus Jimmy Reed

29 Agustus Willie John Kecil

17 Oktober Ruth Brown

19 September Ray Charles

22 Oktober B.B. King

31 Des. Pastel

Jimmy Reed

1959

16 Januari Jimmy Reed

21 Januari Ray Charles

Dizzy Gillespie

30 Januari Pusing Gillespie

6 Feb The Coasters

1 Maret Penyanyi Pokok

3 Maret Amos Milburn, Charles Brown

10 April Paul Williams, Ruth Brown

30 Oktober Jimmy Reed

1960

4 Maret Drifters

27 Mei Drifters

16 September Ruth Brown

23 November

1961

17 Februari Dee Clark

24 Maret Bill Doggett

28 April Ruth Brown

9 Mei Jimmy Smith

9 Juni Willie John Kecil

Hitung Basie

1962

8 Januari B.B. King

30 Januari Count Basie Orchestra (menurut Waktu review, 1.000 orang hadir)

19 Februari Texas Ray & Orkestra Gene Franklin

9 Maret Bill Doggett

30 Maret 5 Royales

3 Agustus Bobby “Blue” Bland

Aretha Franklin

29 Juni Bobby Williams & Its Orchestra, dengan vokalis unggulan Little Tammie John dan Aretha Franklin

2 November Jimmy Smith

Otis Redding

1963

18 Januari Maxine Brown

22 Februari Jerry Butler (dibatalkan, karena Butler terluka dalam kecelakaan mobil saat tur di Florida)

15 Maret Otis Redding, Carla Thomas, Booker T & the MGs, Jerry McCain

22 Maret B.B. King

5 Juli Big Joe Henderson

15 September Johnny Taylor Kecil

16 Agustus Bobby “Blue” Bland

18 Oktober B.B. King

1964

14 Februari B.B. King

Tagged , , , , , ,