Evolusi Kartu Perdagangan

Evolusi Kartu Perdagangan

Ekonomi dunia nyata dari kartu perdagangan digital

Evolusi Kartu Perdagangan

Salah satu hal yang paling menarik tentang ras manusia adalah keanekaragaman kepribadian yang ditemukan dari satu individu ke individu lainnya. Dengan perbedaan kepribadian muncul berbagai minat dan gairah. Jika minat dan hasrat ini belum terkait dengan pekerjaan, ada kemungkinan mereka akan berubah menjadi semacam hobi.

Beberapa orang suka bermain video game, yang lain suka berkebun. Beberapa orang mengumpulkan prangko, karya seni, atau mata uang. Sementara beberapa hobi murni untuk pengayaan jiwa, yang lain bisa sangat berharga dalam hal uang juga. Pengumpulan kartu perdagangan adalah salah satu contoh minat yang dapat membawa banyak kekayaan.

Pengumpulan kartu perdagangan memiliki sejarah yang naik turun baik, tetapi satu hal yang tidak dapat dipungkiri adalah bahwa kartu itu masih hidup dan sehat hingga hari ini, meskipun telah mengalami beberapa evolusi selama beberapa dekade. Telah terjadi kebangkitan besar-besaran pengumpulan kartu dalam beberapa tahun terakhir dengan diperkenalkannya inovasi kartu Digital dan Blockchain, yang telah mendorong industri ini mencapai nilai bersih sekitar $ 2,9 miliar / £ 2,4 miliar, setiap tahun.

KARTU FISIK / NYATA KATA

Babe Ruth Bermain Kartu

Seperti halnya semua hobi yang ada sebelum zaman digital, kartu perdagangan dimulai sebagai barang fisik, yang pertama digambar tangan dengan kertas karton. Sementara kartu bisbol memiliki keunggulan di atas semua kartu perdagangan lainnya dalam bisnis, setelah diluncurkan dalam bentuk paling kasar ketika bisbol menjadi olahraga profesional pada tahun 1860-an, kartu yang dapat dikoleksi paling populer datang dua dekade kemudian.

Pada tahun 1880, perusahaan rokok biasa memasukkan kartu perdagangan litograf ke dalam bungkus rokok mereka, yang mencakup berbagai topik dan genre. Kartu-kartu ini menjadi sangat dapat dikoleksi dan menemukan pengikut yang kuat di antara anak-anak terutama, mereka yang biasa berbaris di luar toko-toko tembakau dan pedagang umum, dengan penuh semangat menunggu orang dewasa membeli rokok untuk keluar dari toko dan membagikan kartu mereka. Meskipun ini awalnya merupakan 'pertunjukan dua kuda', pada tahun 1900, ribuan set kartu diproduksi dan dibagikan oleh lebih dari 300 perusahaan. Sayangnya, dimulainya Perang Dunia Kedua menghentikan distribusi kartu dalam kotak rokok.

Kartu baseball memperlihatkan kebangkitan selama bagian awal abad ke-20 dan selama setengah abad berikutnya menjadi koleksi kartu terpanas di dunia. Permintaan untuk kartu-kartu ini mendorong nilai-nilai judul paling langka melewati atap. Seringkali sulit dipercaya, tetapi beberapa judul yang dibuat antara tahun 1909 dan 1954 bernilai jutaan dolar saat ini. 10 kartu paling berharga yang pernah dijual termasuk:

  • Kartu Honus Wagner 1909 hingga 1911 T206: Satu baru-baru ini dijual seharga $ 3,12 juta tetapi memiliki nilai spekulasi PSA sebesar $ 7,5 juta.
  • 1952 Topps Micky Mantle Card: Ini dijual seharga $ 1,13 juta, dengan nilai spekulasi PSA sebesar $ 2,5 juta.
  • 1915-1916 Berita Olahraga Babe Ruth Rookie Card: Satu dijual seharga $ 717.000, dengan nilai spekulasi PSA $ 1,35 juta.
  • Kartu 1909-1911 American Caramel Joe Jackson: Ini dijual seharga $ 667.189, dengan nilai spekulasi PSA $ 600.000.
  • 1951 Bowman # 253 Micky Mantle Rookie Kartu: Ini dijual seharga $ 588.000, dengan nilai spekulasi PSA $ 600.000.
  • 1914 Berita Baltimore Babe Ruth Card: Ini dijual seharga $ 575.000, dengan nilai berspekulasi PSA $ 900.000.
  • 1909-1911 T206 Kartu “Bat off Shoulder Ty Cobb”: Ini dijual seharga $ 488.425, dengan nilai spekulasi PSA $ 280.000.
  • 1955 Topps Kartu Roberto Clemente: Ini dijual seharga $ 478.000, dengan nilai berspekulasi PSA $ 400.000.
  • 1909-1911 T206 N.Y.NAT’L Hands up Joe Doyle salah cetak Kartu: Ini dijual seharga $ 414.750, dengan nilai spekulasi PSA $ 550.000. Ini mungkin kartu paling langka sepanjang masa.
  • 1954 Topps Henry "Hank" Aaron Card: Ini dijual seharga $ 358.500, dengan nilai spekulasi PSA $ 200.000.

Daftar di atas hanya menunjukkan bahwa industri kartu perdagangan bukan hanya 'permainan anak-anak' tetapi termasuk perdagangan bernilai jutaan dolar – suatu perdagangan komoditas yang serius di masa lalu oleh semua akun.

Merek Kartu Top of the Time

Seperti yang dapat Anda lihat dari daftar kartu di atas, ada banyak merek pembuat kartu perdagangan. Merek paling konsisten dalam sejarah olahraga adalah Topps dan Panini America. Bahkan, Topps lebih dari sekadar kartu olahraga.

Setelah Perang Dunia Kedua, perusahaan ini merilis berbagai genre, termasuk yang didedikasikan untuk acara TV dan Film, Big

Topps Leia Trading Card Star Wars

Hewan permainan, dan Sepak Bola Amerika. Pada tahun 1951 mereka juga memproduksi kartu baseball pertama mereka.

Topps merilis all-popular Star Wars ™ kartu perdagangan, yang diperkenalkan pada tahun 1977 bertepatan dengan rilis film pertama. Barang koleksi ini sangat populer di kalangan penggemar film. Barang-barang yang bisa dikumpulkan oleh Anak Sampah dan Paket Aneh juga mendapat daya tarik yang besar.

Karena itu, kartu olahraga selalu menjadi pedagang yang dominan, yang mencakup penawaran dari MLS, NBA, NFL, dan berbagai liga sepak bola profesional di seluruh dunia.

Wax Junk Era

Antara 1980-an dan 1990-an, pasar kartu perdagangan bisbol mencapai puncaknya, menyebabkan kejenuhan kartu di pasar. Ini mengakibatkan penurunan nilai keseluruhan kartu. Tetapi pemogokan Baseball 1994 menyebabkan kapitulasi industri kartu bisbol untuk musim yang singkat. Pemogokan itu menyebabkan pembatalan World Series yang tak terhindarkan tahun itu, yang menyebabkan banyak orang Amerika berpaling dari olahraga, merusak posisi bisbol di AS hanya di luar pasar kartu.

Beberapa daya tarik dibuat lagi di pasar kartu fisik pada 2009 ketika Topps diberikan lisensi resmi untuk memproduksi kartu MLS. Panini America masih bisa menghasilkan kartu pemain tetapi tidak diizinkan menggunakan pencitraan liga resmi atau nama tim pada gelar mereka. Judul tahun berikutnya lainnya yang mendapat banyak pengikut adalah kartu Pokemon. Alur cerita kartun berbasis anime ini menyediakan jam dan jam menyenangkan bagi kolektor (terutama anak-anak).

Jelaslah bahwa dengan diperkenalkannya teknologi inovatif pada abad ke-21 bahwa sesuatu perlu dilakukan untuk menghidupkan kembali pasar kartu perdagangan yang memudar di semua genre dan gaya. Di sinilah pasar kartu digital masuk untuk menjaga hobi yang menggiurkan ini tetap hidup.

PASAR KARTU DIGITAL

Istilah 'kartu perdagangan digital' mungkin tampak agak abstrak bagi sebagian orang. Sebenarnya, ini bukan kartu fisik sama sekali, melainkan asimilasi kartu virtual yang disimpan pada program perangkat lunak komputer / seluler. Alih-alih menuju ke toko untuk membeli paket kartu Anda, Anda dapat menuju online atau membuka aplikasi seluler untuk membelinya. Setelah pembayaran online selesai dan diverifikasi, Anda akan menerima ‘paket’ kartu Anda.

Tentu saja, Anda tidak dapat menyentuh kartu-kartu itu dan ditampilkan pada suatu program alih-alih file balik yang nyata. Untuk alasan ini, evolusi kartu digital disambut dengan sedikit perlawanan dari puritan 'kartu nyata'. Namun, penerimaan keseluruhan konsep sangat positif. Orang-orang mengerti bahwa digital adalah jalan dunia saat ini dan generasi yang lebih baru menyambut baik inovasi semacam itu.

Apakah Kartu Digitized Memiliki Nilai?

Pasar kartu perdagangan digital belum meredam nilai komoditas kartu dan kartu langka masih dapat mengambil harga yang cukup. Salah satu kartu baseball paling populer di Era Digital adalah tahun 2015, Mike Trout Card. Pada hari pembukaan musim, pemain membeli 22.500 paket di jam pertama perdagangan, berharap untuk mengambil kartu berharga yang dikatakan tersebar di antara paket dengan rasio 150: 1. Kegilaan ini menghasilkan Topps $ 12.000 dalam jam pertama perdagangan itu sendiri. Seiring dengan bertambahnya usia pasar kartu digital, kelangkaan kartu akan menjadi lebih umum, sehingga meningkatkan nilainya.

Ada beberapa faktor yang menentukan nilai kartu olah raga. Faktor-faktor ini termasuk:

  • Kartu Tanda Tangan: Kartu dengan tanda tangan pemain biasanya yang paling berharga.
  • Seberapa cepat paket terjual: Penjual cepat dianggap lebih populer dan karenanya lebih berharga.
  • Keanehan: Jika permintaan melebihi persediaan, kartu dianggap langka dan karenanya berharga.
  • Masukkan Desain: Desain khusus lebih mudah dikoleksi.
  • Popularitas Pemain: Semakin populer seorang pemain, semakin dicari kartu.
  • Penghargaan yang Ditawarkan untuk Mengumpulkan Set: Terkadang, produsen seperti Topps akan memberi pemain kartu hadiah khusus untuk mengumpulkan seluruh seri. Kartu khusus ini akan sangat langka dan karenanya bernilai banyak uang bagi kolektor.

Lebih ke Hidup daripada Baseball

Kartu perdagangan olah raga masih mendominasi adegan di arena digital, tetapi mereka bukan pasar yang serba bisa dan akhir semua. Bahkan, kartu koleksi digital pertama bukanlah kartu olahraga sama sekali. Kartu “Magic: The Gathering” adalah kartu digital pertama yang terjual. Ini adalah judul berbasis fantasi yang disediakan oleh 'Wizards of the Coast' (sekarang merupakan anak perusahaan dari Hasbro) yang dapat dikumpulkan dan dimainkan. Genre kartu populer lainnya termasuk seri Marvel, paket Digital Star Wars, dan kartu Garbage Pail Kids. Tidak mengherankan bahwa beberapa merek terakhir ini dipasok oleh nama yang akrab di industri kartu olahraga – Topps.

Top of the Topps

Karena nama mereka muncul dengan jelas sepanjang sejarah kartu perdagangan, kami merasa bahwa mereka pantas mendapatkan perhatian khusus. Sementara diperebutkan oleh Panini America di kancah kartu olahraga, Topps sejauh ini merupakan pemasok kartu perdagangan terbesar di dunia. Mereka tidak hanya mendominasi pasar kartu fisik, tetapi inovasi dalam koleksi kartu seluler telah menempatkan mereka di atas industri di sisi digital juga. Ada banyak bisnis awal yang serupa selama dekade terakhir, tetapi hanya sedikit yang berhasil menemukan daya tarik yang diperoleh Topps dan lainnya.

Topps Huddle Kartu Perdagangan DigitalJalan digital dimulai pada tahun 2000 dengan pengenalan kartu eTopps perusahaan, tetapi inovasi selanjutnya pada tahun 2012 memperlihatkan perusahaan tersebut memperkenalkan 'Topps Bunt'. Ini adalah aplikasi seluler pertama yang dirancang khusus untuk pengumpulan kartu baseball. Itu tidak berhenti dengan baseball dan diikuti oleh 'Huddle' (NFL), 'Kick' (Soccer), Star Wars (pedagang Star Ward Card), dan banyak lagi.

Revolusi seluler ini telah selamanya mengubah cara kartu dapat dibeli, diperdagangkan, dan disimpan. Aplikasi ini dirancang untuk kolektor dan pemain Olahraga Fantasi, karena setiap variasi kartu dilengkapi dengan opsi permainan yang kompetitif. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk pembelian dalam aplikasi yang cepat serta perdagangan perangkat ke perangkat.

Semua kartu Anda disimpan di aplikasi. Poin tunggal ini telah membawa beberapa keraguan tentang keamanan investasi Anda, jika aplikasi ditutup atau bisnis gagal. Selain pemesanan yang sangat nyata ini, tampaknya industri berjalan baik dan tidak akan segera hilang.

Sementara server penyimpanan terpusat dapat membawa kerugian karena rentan terhadap penutupan perusahaan dan membatasi apa yang dapat Anda lakukan dengan kartu Anda, ada banyak fasilitas di industri Digital. Ketika dibongkar, kita bisa melihat betapa jauh lebih nyaman pasar kartu perdagangan digital daripada yang fisik.

Manfaat Kartu Perdagangan Digital:

  • Peningkatan grafis yang ditingkatkan: Visual dan efek animasi komputer dapat diimplementasikan ke dalam struktur kartu digital, sedangkan kartu fisik hanya memiliki gambar 2D statis pada mereka.
  • Dapat Memperbarui Statistik dalam Waktu Nyata: Pembuat kartu dapat memperbarui statistik kartu dari aplikasi secara waktu nyata sehingga koleksi kartu Anda tidak pernah ketinggalan zaman.
  • Mudah Diakses: Anda dapat menyimpan seluruh koleksi kartu di saku Anda untuk akses cepat. Pembelian dalam aplikasi seluler juga dapat dilakukan dalam sekejap, tanpa perlu menuju toko atau mengantisipasi pengiriman kurir.
  • Langgeng: Tidak ada risiko yang terlibat dalam kartu Anda binasa saat disimpan dalam file flip. Kartu digital menjaga kualitas dan nilainya.
  • Gamifikasi: Banyak kartu digital datang dengan opsi untuk bermain-main dengannya. Ini semua bisa dimainkan dalam aplikasi. Fantasy Sports cukup populer. Di sini, Anda akan mencetak poin berdasarkan kinerja pemain asli dalam koleksi Anda. Jika tim Anda tampil baik di lapangan, mereka akan cukup baik di Liga Fantasi. Di sini, Anda dapat bermain untuk poin dan hadiah. 'Magic: The Gathering' menawarkan berbagai jenis hiburan dan telah sangat populer selama bertahun-tahun, menawarkan kepada para penggemar alur cerita petualangan pertempuran fantasi. Permainan ini menghasilkan lebih dari 20 miliar kartu antara 2008 dan 2016, dan pada 2015 memiliki 20 juta pemain aktif.

Cara Mendapatkan Kartu Digital

Lingkup kartu perdagangan digital telah merevolusi cara memelihara hobi. Ini benar-benar telah membuka pasar perdagangan jauh lebih dari sebelumnya. Anda tidak hanya dapat membeli langsung dari aplikasi, tetapi Anda juga dapat melakukan perdagangan di sana. Secara eksternal, Anda tidak akan kesulitan untuk membeli kartu dan menukarnya jika perlu. Bahkan, eBay menjadi tuan rumah ribuan iklan yang didedikasikan untuk hobi ini, yang mencakup berbagai genre kartu. Anda mungkin sering menemukan penawaran hebat di sini atau bahkan mendapatkan harga yang bagus untuk kartu Anda.

PASAR BLOCKCHAIN ​​UNTUK KARTU PERDAGANGAN

Tepat ketika Anda berpikir bahwa dunia digital kartu perdagangan telah mencapai puncaknya dalam inovasi, apakah industri Blockchain tiba untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang ditawarkan kepada kolektor. Sementara industri kartu perdagangan blockchain masih merupakan pasar digital pada intinya, ia menawarkan pemain lebih banyak kontrol atas kartu mereka, berkat desentralisasi jaringannya.

Hingga saat ini, blockchain telah dikaitkan kuat dengan transaksi cryptocurrency, meskipun penggunaannya jauh lebih fleksibel dari itu. Blockchain adalah buku besar yang terdesentralisasi yang dapat melacak dan merekam pergerakan semua hash berkode yang terikat pada buku besarnya, apakah itu kode yang berhubungan dengan cryptocurrency atau kode yang ditujukan untuk item, atau keduanya.

Kartu Perdagangan Blockchain

Teknologi Blockchain terdesentralisasi. Ini berarti bahwa tidak diperlukan pihak ketiga tepercaya untuk mengendalikan asetnya. Ini adalah platform P2P di mana transaksi dirilis oleh satu pihak dan diterima oleh yang lain. Berbagai node server di seluruh dunia memverifikasi setiap transaksi. Ketika datang ke kartu perdagangan, kode kartu dimuat ke rantai. Setelah pembelian dilakukan dalam cryptocurrency, blockchain akan memberikan kode itu ke dompet crypto Anda. Blockchain terbuka untuk umum, sehingga Anda dapat memeriksa transaksi untuk memverifikasi bahwa transaksi telah dilalui.

Empat properti dibuka untuk pasar kartu perdagangan dengan teknologi blockchain untuk membuatnya jauh lebih nyaman bagi pembeli daripada platform perdagangan digital tradisional. Ini termasuk:

  1. Kepemilikan Digital Sejati
    Platform kartu perdagangan digital normal menyimpan kartu Anda di server mereka. Ini berarti bahwa setiap kompromi ke server ini memengaruhi aset Anda. Dalam hal ini, pertanyaannya memunculkan jawaban – Dari siapa kartu itu sebenarnya milik?
    Sifat kartu blockchain yang terdesentralisasi memungkinkan Anda untuk memiliki kartu yang telah Anda beli. Mereka akan dimuat ke dompet crypto pribadi Anda di mana Anda dapat menyimpan dan mengelolanya.
    Dalam kasus kartu olahraga Cryptostrikers, setiap kartu mengambil bentuk token ERC-721 pada Ethereum Blockchain. Setelah dibeli, kode uniknya akan ditransfer menjadi milik Anda.
  2. Kelangkaan yang Dapat Terbukti
    Blockchain adalah buku besar publik yang memungkinkan siapa saja untuk melihat catatannya. Pengumpul kartu dapat, karenanya, memverifikasi jumlah kartu dari jenis tertentu yang beredar kapan saja, sehingga dapat membuktikan kelangkaan satu kartu itu sendiri, daripada mengambil pabrikan dengan nilai nominal.
  3. Perdagangan tanpa kepercayaan
    Sementara internet memfasilitasi pergerakan informasi tanpa batas di seluruh dunia, blockchain melakukan hal yang sama untuk transfer data dan dana. Tidak ada perantara yang terlibat dalam proses ini, memungkinkan perdagangan cepat dan hemat biaya langsung antara penjual dan pembeli.
    Merujuk operasi Cryptostrikers, perdagangan antara dua pihak akan ditandatangani secara kriptografis dan dihasilkan dari rantai. Ini kemudian dibagikan dengan media sosial (Reddit / Discord / Twitter) atau langsung ke teman sebagai bukti transaksi. Mitra dagang kemudian mengambil tanda tangan itu dan melakukan kontrak pintar pada rantai untuk penyelesaian. Kartu-kartu tersebut kemudian secara otomatis ditukar antara dompet kedua pengguna.
  4. Inter-Operabilitas
    Jika Anda mengumpulkan kartu fisik, mereka harus diajukan untuk diamankan. Dalam bola digital tradisional, kartu tidak bisa binasa tetapi disimpan di aplikasi penyedia, tetapi dalam proses blockchain, Anda bisa menyimpan kartu Anda sendiri di dompet pribadi Anda, di mana mereka tidak bisa binasa. Blockchain, oleh karena itu, menawarkan kompromi terbaik antara perdagangan kartu kata digital dan nyata.

Kartu Teratas di Sektor Crypto

Sementara dunia kartu perdagangan dan blockchain berada dalam kemitraan yang relatif baru, ada beberapa jenis kartu yang sukses di pasar. Ini termasuk:

  • Anak-anak Ember Sampah Topps: Topps telah bermitra dalam sebuah usaha dengan Wax Blockchain untuk menyediakan barang-barang koleksi Garbage Pail Kids mereka untuk klien crypto. Ini disimpulkan tepat pada waktunya untuk ulang tahun ke 35 dari tema lucu ini.
    Seri kartu, yang awalnya dirilis pada tahun 1985 dirancang
    untuk memparodikan Cabbage Patch Kids yang populer. Setiap kartu menampilkan karakter Anak Sampah Ember yang memiliki semacam kelainan lucu atau pernah mengalami semacam nasib buruk. Semua gambar dirancang untuk memancing humor.
  • CryptoKittiesKartu Olahraga Panini America: Dalam pencarian mereka untuk bersaing dengan saingan mereka yang kaku, Topps, Panini lebih awal dari kereta crypto. Mereka menawarkan daftar kartu olahraga mereka di blockchain, dengan penekanan khusus pada koleksi NBA mereka.
  • Cryptostrikers: Cryptostrikers adalah permainan kartu perdagangan yang dapat ditagih yang disesuaikan dengan sepak bola yang diadaptasi untuk Ethereum Blockchain. Itu ada sebagai aplikasi terdesentralisasi, menawarkan kolektor kesempatan untuk mengambil kendali penuh dari kartu mereka.
  • CryptoKitties: Dengan kata-kata mereka sendiri, “CryptoKitties adalah permainan yang berpusat pada makhluk yang dapat dipelihara, dikoleksi, dan oh-begitu-menggemaskan yang kita sebut CryptoKitties! Setiap kucing adalah satu-satunya dan 100% dimiliki oleh Anda; itu tidak bisa direplikasi, diambil, atau dihancurkan. " Ini mengikuti premis Cryptostrikers, tetapi dengan audiens yang sebagian besar perempuan.

KESIMPULANNYA

Sejarah kaya yang diinvestasikan di pasar kartu perdagangan telah memberikan fondasi yang kuat untuk masa depan pasar. Sementara fase terkaya dinikmati dalam perdagangan dunia nyata, warisan kuat ada di depan di dunia digital, terutama dengan munculnya platform blockchain yang terdesentralisasi.

Waktu berlalu tentu saja telah berkembang dari sekadar hobi menjadi platform perdagangan komoditas bagi banyak orang. Dengan kemajuan teknologi yang terus-menerus, adalah bodoh untuk berpikir bahwa ini adalah puncak inovatif untuk perdagangan. Sebaliknya, itu adalah langkah kuat menuju masa depan tanpa batas.

LINIMASA:

1860-an Kartu bisbol yang digambar tangan pertama kali diperkenalkan ketika olahraga menjadi pro, namun, ini tidak beredar dengan baik, pada awalnya.

1886 Allen Ginter adalah perusahaan tembakau AS pertama yang memasarkan rokok mereka. Beberapa tahun kemudian, kartu litograf yang dapat dikoleksi dimasukkan ke dalam bungkusan mereka yang mencakup berbagai topik. Kartu-kartu ini menjadi sangat dapat dikoleksi, terutama di kalangan anak-anak.

1900 Sekarang, ribuan set kartu diproduksi dan didistribusikan oleh 300 perusahaan yang berbeda, mencakup berbagai genre dan gaya.

1909 Tahun ini melihat pencetakan kartu T206 Tembakau 'Honus Wagner'. Ini dicatat sebagai kartu baseball paling berharga yang pernah dicetak (dijual seharga $ 3,12 juta).

1933 Perusahaan Goudey Gum di Boston mengeluarkan kartu bisbol dalam bungkus permen karet

1939 Mulai Perang Dunia II mengakhiri kartu rokok

1950 The Topps Company Inc mulai memproduksi kartu perdagangan: TV dan Film, Big Game, All American Football

1951 Topps menghasilkan kartu baseball pertama mereka

1956-1980 Topps adalah pemimpin langsung dalam industri kartu perdagangan: Kartu Olahraga dan Non-Olahraga (Paket Wacky, Star Wars, Garbage Pail Kids)

1980-1994 Wax Junk Era: Adalah puncak memorabilia kartu Olahraga

1994 Pasar kartu bisbol menjadi terlalu jenuh dan Baseball Strike mengakibatkan pembatalan Baseball World Series. Ini merusak olahraga di AS, bersamaan dengan popularitas kartu bisbol.

2000 Topps Memantapkan diri dalam lingkup Kartu Digital dengan merilis kartu eTopps.

2009 Topps menjadi produsen kartu MLS resmi. Panini America masih dapat menghasilkan kartu pemain bisbol tetapi tidak dapat mencetak merek MLS atau logo tim di kartu mereka.

2012 Topps merilis aplikasi ponsel pertamanya, "BUNT" untuk penggemar kartu baseball digital. Ini kemudian diikuti oleh aplikasi yang berbeda untuk NFL, NBA, WWE, berbagai Liga Sepak Bola Internasional, Star Wars, Kartu Marvel, dan banyak lagi.

2009-2013 Berbagai Digital start-up diperkenalkan ke pasar, tetapi banyak dari perusahaan-perusahaan ini berjuang untuk mendapatkan daya tarik karena masalah perizinan, dll.

2017 Cryptostrikers masuk ke bisnis sebelum Piala Dunia Sepakbola terakhir untuk menghasilkan Kartu Digital terdesentralisasi

2020 Topps bermitra dengan Wax Blockchain untuk menyediakan kartu berbasis Blockchain dari merek Garbage Pail Kids tepat waktu untuk Ulang Tahun ke-35 mereka.

Tagged , ,